Belajar Lebih Mandiri, Ini 5 Tips agar Anak Mau Makan Sendiri

Menyuapi anak terus-menerus hingga ia tumbuh besar adalah bukan hal yang baik. Karena itu, penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak makan sendiri sejak dini. Makan sendiri juga mengajarkan anak untuk bersikap mandiri dan mengembangkan keterampilan motoric halusnya.

Mengajarkan anak untuk makan sendiri tanpa disuapi mungkin bukan hal yang mudah dilakukan. Meski terdengar sulit, Mom harus melatih mereka secara bertahap untuk meningkatkan perkembangannya. Melansir dari hallosehat.com (28/5), ada beberapa cara yang dapat membantu Mom untuk mengajarkan anak makan sendiri, lho. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Membutuhkan Tahapan

Ada begitu banyk tahapan yang harus dilalui anak untuk bisa mengantarkan makanan sampai ke dalam mulutnya. Fase yang pertama, anak akan mengambil makanan dengan menggunakan tangan, kemudian menyodorkannya ke mulut hingga proses mengunyah. Seiring beralannya waktu, Mom bisa mengajarkan anak makan menggunakan sendok dan garpu. Dalam fase ini, anak mungkin sering menjatuhkan makanannya selama fase belajar tanpa disuapi.

2. Biasakan Makan di Meja Makan

Sejak belajar makan, ajarkan anak makan sambil duduk di kursi di meja makan. Hal ini akan mengajarkan anak untuk memahami jika saa makan ia harus duduk dengan tenang hingga makanannya habis. Nah, ketika anak memasuki usia sekitar 2 tahun, ajarkan mereka untuk makan bersama di meha makan.

3. Mengenalkan Jenis Makanan Kepada Anak

Untuk mengenalkan makan sendiri sejak dini, Mom juga harus mengenalkan beberapa jenis makanan kepada si kecil. Sejak ia mulai mengonsumsi makanan atau MPASI, kenalkan pada beberapa jenis makanan seperti sayur, buah dan ikan. Mom harus mencoba berbagai jenis makanan tersebut dan memastikan dimasak dengan cara yang benar.

4. Berikan Pujian saat Anak Makan Sendiri

Agar anak lebih bersemangat saat makan, Mom bisa memberikan pujian kepada anak saat ia berhasil memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Ketika anak berhasil menghabiskan makanan, lakukan hal yang sama kepada anak ya Mom, agar anak lebih bersemangat untuk makan sendiri.

5. Jangan Memarahi Anak saat Makan Berantakan

Namanya juga anak-anak yang butuh waktu belajar, jangan memarahi anak ketika anak mungkin makan terlalu berantakan. Mom mungkin merasa kesal, karena anak selalu menjatuhkannya. Berhentilah meneriakinya saat menggajarkan anak makan.

Nah, itu tadi Mom cara mengajarkan anak untuk makan sendiri. Pastikan memberikan asupan dan makanan yang sehat untuk si kecil ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.