Pengapalan Smartwatch Samsung dan Xiaomi Meningkat, Apple Watch Masih Teratas

Jakarta – Pasar smartwatch menyaksikan pertumbuhan distribusi sebesar 13 persen di sepanjang Januari-Maret 2022 menurut data perusahaan riset Counterpoint Research. Analisis pasar perangkat wearable global mengungkap Apple, Samsung dan Xiaomi seluruhnya mencatat lonjakan penjualan tahunan, meski data keseluruhan kuartal ke kuartal menurun 24 persen–kuartal liburan (akhir tahun) jelas sulit tertandingi.

Associate Director Counterpoint Research, Sujeong Lim, menyatakan bahwa kesetiaan kepada merek adalah alasan utama untuk kesuksesan Apple Watch yang di antaranya mencatat peningkatan jumlah pengapalan unit smartwatch tahun-ke-tahun sebesar 14 persen. Pertumbuhan lebih signifikan dicatat Samsung dan Xiaomi.

Sedangkan posisi internasional yang lebih lemah adalah alasan kenapa Huawei, meski berada di posisi ketiga, memiliki angka pengapalan produk yang relatif konstan. Para pengguna di pasar-pasar besar dinilai sangat memperhitungkan absennya Google Mobile Services dalam setiap perangkat mobile dan karenanya sulit berpindah ke wearable Huawei.

“Meski begitu Huawei meroket di pasar domestik, Cina,” kata Sujeong Lim.

Laporan Counterpoint Research menyebut kebanyakan wilayah atau pasar kunci di dunia mencatat kenaikan total pengapalan, dengan hanya Eropa yang flat. Pasar terpengaruh perang di Ukraina dan dampaknya diyakini menjadi lebih serius pada kuartal kedua tahun ini.

Bagian lain dari laporan Counterpoint adalah Garmin menjadi pemimpin segmen premium untuk wearable harga di atas $500. Perusahaan Amerika lainnya, Fitbit, melihat penurunan masif karena belum meluncurkan produk baru sejak akuisisi oleh Google tahun lalu, dan peralihan ke Wear OS belum juga terjadi.

Berikut ini penguasaan pasar smartwatch dunia kuartal pertama 2021 dan 2022 menurut Counterpoint Research:

Apple naik dari 35,9 menjadi 36,1 persen

Samsung naik dari 7,8 menjadi 10,1 persen

Huawei turun dari 8,1 menjadi 7,2 persen

Xiaomi naik dari 3,4 menjadi 5,0 persen

Garmin turun dari 4,5 menjadi 4,3 persen

Amazfit tetap 4,0 persen

Imoo turun dari 4,9 menjadi 3,4 persen

Fitbit turun dari 4,1 menjadi 2,7 persen

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.