Stres hingga Dehidrasi, Ini Penyebab Utama ASI Tidak Lancar

Momen melahirkan dan menyusui adalah momen paling Indah buat setiap perempuan. Namun, momen ini juga bisa menjadi momen yang menyedihkan dan meningkatkan risiko Depresi ketika Mom mendapati ASI (Air Susu Ibu) tidak lancar sehingga bayi sering rewel. Belum lagi ketika orangtua, suami bahkan mertua sesekali menyalahkan apabila ASI untuk menyusui tidak lancar. 

Mengenai ASI yang tidak lancar selama menyusui, melansir dari laman theasianparent.com ada banyak penyebab kenapa ASI ini tidak lancar. Para ahli mengungkapkan jika stres hingga depresi menjadi penyebab utama kenapa ASI tidak lancar selama menyusui.

ASI Tidak Lancar di Awal Aktivitas Menyusui

Di awal kelahiran buah hati, ASI yang tidak lancar adalah suatu hal yang umum terjadi. Namun jangan khawatir, setelah satu minggu Mom menyusui buah hati, pelan tapi pasti ASI yang ada akan semakin lancar. 

Beberapa Mom mungkin akan memiliki ASI yang lancar sejak hari pertama kelahiran buah hati. Beberapa Mom yang lain mungkin membutuhkan usaha ekstra agar ASI yang diproduksi bisa lancar dan akan memiliki ASI yang lancar setelah beberapa hari setelahb melahirkan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Apa yang menyebabkan ASI tidak lancar?

Penyebab ASI Tidak Lancar

Penelitian menyebutkan jika ada beberapa penyebab kenapa produksi ASI tidak lancar. Penyebab tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Mom tidak megonsumsi nutrisi atau vitamin booster ASI. 
  2. Ketika menyusui buah hati, Mom tidak melakukan pelekatan yang tepat. Pelekatan yang kurang tepat akan menyusahkan bayi menyusu dan ASI yang keluar tidak lancar. 
  3. Mom jarang menyusui buah hati atau jarang melakukan pompa ASI. Di awal kelahiran buah hati, setidaknya Mom menyusui setiap dua jam sekali. 
  4. Stres dan depresi bisa menyebabkan ASI yang keluar tidak lancar. 
  5. Dehidrasi selama menyusui juga akan mengurangi produksi ASI. 
  6. Saat Mom memiliki kebiasaan menyusui hanya di satu payudara, ini bisa menyebabkan payudara yang lain tidak memproduksi ASI dengan baik. Akibatnya, hanya satu payudara yang lancar ASInya sedang yang lain tidak. 
  7. Konsumsi obat-obatan selama menyusui juga berisiko membuat ASI tidak lancar. 
  8. Kurangnya asupan nutrisi berupa sayur, buah dan makanan yang mengandung protein seperti ikan dan kacang-kacangan juga menghambat lancarnya produksi ASI. 

Ketika Mom ingin mendapatkan ASI yang lancar selama menyusui, pastikan untuk rutin menyusui atau memompa ASI. Pastikan juga untuk senantiasa bahagia, minum air cukup dan istirahat cukup. Jangan lupa untuk konsumsi berbagai makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.